Eksportir: Banyak Produk Buatan Indonesia Berpotensi Diekspor


Seorang eksportir mengaku jika Indonesia itu gudangnya produk-produk unik dan berpotensi di jual ke luar. Entah itu makanan, kesenian, industri kerajinan dsb. 

Hanya saja kendala yang dihadapi, seringkali produsen Indonesia mampu menyediakan produk yang sesuai kebutuhan pasar secara kontinuitas. Baik secara kuantitas maupun kualitas.

“ Beberapa produsen produk di Indonesia masih kesulitan mempertahankan kualitasnya barangnya untuk beberapa kali pemesanan. Pada saat pengiriman pertama cukup baik, namun selanjutnya menurun mutunya”, ujarnya.

Untuk produk pertanian masalahnya pada kuantitas. Pada saat dicari ada saja stok hingga ratusan ton, tapi ketika diminta untuk bisa secara berkelanjutan mengirimkan dalam jangka waktu beberapa bulan umumnya penyupply kesulitan.

Untuk pertanian barangkali bisa dimaklumi karena adanya faktor pembatas yakni musim. Tapi kadang kendalanya, untuk beberapa komoditas, penyebab lainnya karena petaninya masih mengelola kebun secara tradisional di atas lahan yang kecil serta tidak memiliki kelembagaan yang baik, sehingga peran perantara masih cukup dominan.

Demikian bjuga produk kerajinan, kendalanya adalah sual mode dan quality yang belum berorintasi ekspor. Ini dilihat dari lambatnya mengikuti trand dan kualitasnya yang tidak sesuai kebutuhan pasar di luar negeri.

Menurut sang eksportir barangkali produsen lokal masih terlena dengan pasar lokal. “Tapi kita harus mencoba melirik pasar luar negeri, selain kita berpotensi mendapatkan penghasilan yang besar, juga akan menuntut setiap produsen produk di Indonesia untuk meningkatkan kualitas produknya”.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar