Wisata adalah Kombinasi Antara Alam dan Manusia


 http://www.paketwisataliburan.com/images/tour/bali_bedugul.jpg
 Sumber: paketwisataliburan.com

Suatu ketika kami diminta untuk memasarkan sebuah tempat wisata yang cukup menarik. Namun sebelum membahasa strategi promosi yang akan dilakukan kamipun lalu bertanya, “Apakah masyarakat di wilayah Bapak sudah siap untuk menyambut para wisatawan?”.

Barangkali jika Anda pernah berkunjung ke Yogyakarta, Bali atau Toraja, barangkali wisata alam yang ditawarkan mungkin bukan yang terbaik. Ada banyak tempat yang menarik dan ekstrim di wilayah lain di Indonesia. Hanya di tempat itu mata Anda tidak saja dimanjakan tapi hati Anda juga dipikat, melalui perilaku yang ramah dari masyarakatnya.

Tentu sebagai mahluk sosial, suasana yang hangat, merasakan kekuatan kolektif dan penerimaan dari masyarakat setempat adalah sesuatu hal lain dari sebuah tempat wisata. Ini juga yang membuat banyak wisatawan mampu berlama-lama tinggal di tempat yang sebutkan di atas.

Di Bali keramahan itu sudah melekat dalam kultur masyarakat. Belum lagi budaya lokal begitu ditonjolkan. Bahwa berbagai upacara dilakukan sebagai bagian dari kehidupan masyarakat dan bukan semacam tontotan dikomersialkan, namun menjadi daya tarik.

Jadi ketika sebuah daerah ingin membangun sebuah tempat wisata, jangan segera membuat situs dan menawarkan objek wisata dengan segala keindahannya. Namun siapkan manusia. Jadikan mereka orang-orang yang penuh penerimaan terhadap mereka akan datang layaknya seorang tamu istimewa. Biarkan mereka hidup apa adanya dengan budayanya.

Ada banyak tempat wisata yang indah namun minim kunjungan karena penduduk aslinya semata-mata  memperlakukan wisatawan sebagai sumber uang. Penipuan, intimidasi menjadi hal yang lazim dilakukan.

Tentu ini akan lebih baik jika didukung dengan infrasturtur yang baik, keberhasilan dan suasana kota yang nyaman dan tenang. Ketika sebuah tempat sudah memiliki itu barulah kita berbicara untuk menciptakan sebuah strategi promosi yang efektif.

Baca juga: 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar