Traveling, Membuka Wawasan Bisnis



 
 Sumber: rumpitawati.blogspot.com

Salah seorang pengusaha sukses berbagi pengetahuan tentang rahasia suksesnya membangun bisnis yang luar biasa. “ Setiap pengusaha harus memiliki wawasan global”, jelasnya.

Menurutnya kebanyakan pengusaha lokal hanya mengarahkan perhatiannya pada apa yang ada di pasar domestik. Padahal setiap pengusaha yang ingin survive harus membuka pengetahuan terhadap apa yang terjadi di luar.

“ Saya suka traveling ke luar negeri. Tujuan saya untuk mendapatkan inspirasi bisnis dengan melihat trand bisnis di luar negeri. Selain itu saya juga bisa melakukan spy market, untuk mengetahui apa sih kebutuhan orang di luar negeri”, jelasnya. Apakah jika bisnis yang dijalani terkait dengan gaya hidupnya, ditambahkannya.

Negara tujuannya antara lain China, sejumlah Negara di Asia Tenggara, Eropa dan Amerika Serikat. Menurutnya, pebisnis local ada baiknya menyisihkan keuntungannya untuk melakukan traveling.  Dengan tujuan bukan untuk berlibur namun investigasi pasar. “Jika ini dilakukan saya yakin akan banyak pengusaha Indonesia yang bisa bermain di kancah global”, jelasnya . 

Baca juga: 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar