Sumber: frontdoor.com
Seorang
pengusaha dengan penuh percaya diri mengatakan, “ Banyak produk-produk kita
yang layak menembus pasar luar negeri. Tapi pebisnis kita baru berani main di lokal
saja”.
Menurutnya
hal ini sesuatu yang beralasan. Selain karena awam dengan pasar internasional, bahasa
menjadi salah satu factor pembatas. Banyak pebisnis yang lebih mencemaskan
bagaimana jika ia harus bertemu dengan calon klien daripada membayangkan bahwa
produknya bisa terjual di Eropa.
Padahal
menurutnya hal ini bisa diatasi dengan menghire
orang-orang yang fasih berbahasa asing. Tentu akan lebih baik jika seorang
pengusaha bisa mengimprove kemampuannya
berbahasa Inggris.
Pada
level yang lebih tinggi, seorang pengusaha juga harus mampu memahami karakter
seorang klien berdasarkan negaranya. Serta mampu menciptakan suasana kultural
yang bisa melempangkan proses negosiasi. Jelasnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar