Mendapatkan Patner dari Luar Negeri?


 Source: richpeoplethings.com

Ada banyak pengusaha yang menikmati kesuksesan memasarkan produknya ke luar negeri. Mereka berhasil mematahkan anggapan kebanyakan orang jika orang asing enggan membeli produk Indonesia.

Tahukah Anda, bahwa produk Indonesia juga diminati diluar negeri. Sebuah pabrik sepatu di daerah Bogor menjadi patner kerja dengan sejumlah perusahaan pemilik brand ternama di luar negeri selama satu dekade. Demikian produk-produk pertanian seperti kopi, kakao, minyak atsiri, konon harganya bisa selangit di pasar luar negeri.


Alasan mengapa banyak produk-produk banyak dicari di luar negeri, tidak lain karena memiliki keunggulan dari sisi kualitas dan harga. Sebuah kopi luwak di luar negeri bisa menembus harga 300 US $ di sebuah cafe di Amerika Serikat, padahal harga jualnya di Indonesia barangkali 10 persen dari nilai di atas. Demikian juga hal yang berlaku untuk berbagai produk seperti tekstil, kerajinan tangan dsb, kualitas premium tapi harga “kaki limanya” di Eropa.  

Jadi memasarkan produk ke luar negeri adalah pilihan yang menguntungkan. Namun mengapa banyak pengusaha tidak berani mencobanya, barangkali termasuk Anda. Pertama karena faktor keterbatasan pengetahuan tentang pasar di luar negeri, kedua, kelemahan dari segi bahasa dan banyak aspek lainnya. Tapi ketika Anda mau mencoba dan belajar semua keterbatasan itu pada dasarnya bisa diatasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar