Cara Murah Menembus Pasar Internasional


 
Sumber: business.umt.edu
 
Apakah Anda memiliki produk yang layak dipasarkan di luar negeri? Jika ya, segeralah mempromosikannya dengan memanfaatkan jaringan internet.

Setiap hari ada jutaan orang yang terhubung melalui dunia maya tersebut. Termasuk mereka yang berpotensi menjadi klien Anda.

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat blog, apakah berbasis blogspot, wordpress. Menariknya kedua fasilitas tersebut bisa Anda gunakan free.

Isilah blog Anda dengan tulisan yang menarik setiap hari. Tampilkan diri Anda, nomor atau email yang bisa dihubungi serta alamat Anda. Blog yang menarik namun tidak mencantumkan pihak pengelola cenderung dianggap kurang kompeten oleh para pengunjung situs.

Jika Anda ingin menembus pasar internasional, bahasa yang Anda gunakan setidaknya bahasa Inggris. Sekiranya Anda tidak fasih bahasa asing mintalah jasa penterjemah yang bisa  mentranslate tulisan Anda menjadi sebuah tulisan yang menarik.

Ingat bisa berbahasa Inggris belum berarti mampu mengubah tulisan Anda menjadi artikel berbahasa asing yang menarik. Pemilihan kata, style bisa menentukan daya tarik tulisan Anda. Oleh sebab itu carilah penterjemah yang menguasai bahasa Inggris untuk berbagai kepentingan- formal, informal.

Jika Anda memiliki dana, Anda bisa membuat video singkat yang menyampaikan informasi produk  Anda. Lalu tampilkan di youtube, fasilitas di internet yang menampilkan berbagai video dari pengguna internet.

Agar terlihat apik Anda bisa menggunakan jasa seseorang yang bisa membuat video clip yang menarik atau setidaknya memiliki peralatan yang memadai untuk membuat video yang berkualitas baik berdurasi singkat.

2 komentar: