Source: richpeoplethings.com
Ada
banyak pengusaha yang menikmati kesuksesan memasarkan produknya ke luar negeri.
Mereka berhasil mematahkan anggapan kebanyakan orang jika orang asing enggan membeli produk Indonesia.
Tahukah
Anda, bahwa produk Indonesia juga diminati diluar negeri. Sebuah pabrik sepatu di
daerah Bogor menjadi patner kerja dengan sejumlah perusahaan pemilik brand
ternama di luar negeri selama satu dekade. Demikian produk-produk pertanian
seperti kopi, kakao, minyak atsiri, konon harganya bisa selangit di pasar luar
negeri.
Alasan
mengapa banyak produk-produk banyak dicari di luar negeri, tidak lain karena
memiliki keunggulan dari sisi kualitas dan harga. Sebuah kopi luwak di luar
negeri bisa menembus harga 300 US $ di sebuah cafe di Amerika Serikat, padahal
harga jualnya di Indonesia barangkali 10 persen dari nilai di atas. Demikian
juga hal yang berlaku untuk berbagai produk seperti tekstil, kerajinan tangan
dsb, kualitas premium tapi harga “kaki limanya” di Eropa.
Jadi
memasarkan produk ke luar negeri adalah pilihan yang menguntungkan. Namun mengapa
banyak pengusaha tidak berani mencobanya, barangkali termasuk Anda. Pertama
karena faktor keterbatasan pengetahuan tentang pasar di luar negeri, kedua,
kelemahan dari segi bahasa dan banyak aspek lainnya. Tapi ketika Anda mau
mencoba dan belajar semua keterbatasan itu pada dasarnya bisa diatasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar