Sumber: phylopop.com
Salah seorang pengusaha Indonesia dengan penuh
percaya diri mengirimkan sebuah surat penawaran kepada Direktur Produksi sebuah
perusahaan terkemuka di Paris melalui email. Ia yakin bahwa suratnya akan
mendapat tanggapan karena ia berasumsi jika semua orang Eropa pasti bisa dan mau
berkomunikasi dalam bahasa Inggris.
Iapun menunggu. Seminggu, belum ada jawaban.
Sebulan, juga demikian. Akhirnya ia merasa bahwa penawarannya tidak direspon.
Namun tanpa patah semangat ia kembali melayangkan surat namun kali ini meminta
bantuan seorang sahabat untuk menuliskan surat penawaran dalam bahasa Prancis
dengan bahasa yang lebih informal, kembali melalui email.
Ajaibnya, dalam waktu kurang dari seminggu surat
tersebut dijawab. Dalam proses 1 bulan berkomunikasi intens sang Direktur
menyatakan kesediaan untuk datang ke Jakarta untuk melihat workshopnya.
Banyak orang yang tidak mengetahui jika orang
Prancis umumnya enggan menggunakan
Bahasa Inggris. Ini terkait dengan egosentris identitas. Orang Prancis juga
merasa jika bahasa mereka adalah bahasa internasional, “ Jadi jika Anda ingin
berbicara dengan kami ya gunakan bahasa internasional yakni bahasa Prancis”.
Meskipun tidak semua orang Prancis enggan merespon sebuah penawaran dalam
bahasa Inggris, namun jika Anda ingin berkomunikasi dengan seorang partner di
Prancis akan lebih menarik jika Anda menggunakan bahasa Prancis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar