Anda Bisa Menjual Ke Luar Negeri, Tapi….


 Sumber: frontdoor.com

Seorang pengusaha dengan penuh percaya diri mengatakan, “ Banyak produk-produk kita yang layak menembus pasar luar negeri. Tapi pebisnis kita baru berani main di lokal saja”.

Menurutnya hal ini sesuatu yang beralasan. Selain karena awam dengan pasar internasional, bahasa menjadi salah satu factor pembatas. Banyak pebisnis yang lebih mencemaskan bagaimana jika ia harus bertemu dengan calon klien daripada membayangkan bahwa produknya bisa terjual di Eropa.

Padahal menurutnya hal ini bisa diatasi dengan menghire orang-orang yang fasih berbahasa asing. Tentu akan lebih baik jika seorang pengusaha bisa mengimprove kemampuannya berbahasa Inggris.

Pada level yang lebih tinggi, seorang pengusaha juga harus mampu memahami karakter seorang klien berdasarkan negaranya. Serta mampu menciptakan suasana kultural yang bisa melempangkan proses negosiasi. Jelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar