Membuat Business Report (Laporan Bisnis)


http://www.ailmadrid.com/images/business_spanish/Business%20Spanish.jpg 
 Sumber: ailmadrid.com

Laporan bisnis sangat dibutuhkan di berbagai disiplin ilmu baik itu akuntansi, keuangan, manajemen, maupun pemasaran. Disiplin ilmu akuntansi dan keuangan memerlukan sebuah laporan bisnis untuk mendapatkan hasil analisis data keuangan sebuah perusahaan. 

Disiplin ilmu pemasaran membutuhkan sebuah laporan bisnis untuk menyusun sebuah kampanye pemasaran untuk suatu produk sehingga dapat menembus pasar global, sedangkan disiplin ilmu manajemen butuh sebuah laporan bisnis untuk mengetahui struktur manajemen dari suatu perusahaan dan membuat berbagai rekomendasi untuk kemajuan perusahaan tersebut. Belajar membuat laporan bisnis yang komprehensif adalah sebuah komponen penting untuk perkembangan perusahaan atau bisnis anda.

Laporan bisnis bisa berbeda-beda tergantung dari pertanyaan spesifik yang ingin diperoleh jawabannya. Oleh karena itu, pembuat laporan bisnis harus benar-benar memahami tujuan dari pembuatan laporan bisnis tersebut: apakah untuk menginformasikan, membuat proposal atau untuk mengatasi masalah perusahaan yang pelik.

Walau jenis laporan bisnis berbeda-beda, tetapi secara umum untuk membuat laporan bisnis yang komprehensif, harus melalui langkah-langkah sebagai berikut:

1.  Menentukan ruang lingkup untuk laporan bisnis anda. Menurut Alan Thompson, penulis beberapa buku bisnis ternama, banyak perusahaan membuat kesalahan dengan membuat laporan mereka terlalu umum atau terlalu samar. Untuk menghindari hal ini, pastikan terlebih dahulu bahwa ruang lingkup laporan bisnis Anda sejalan dengan visi dan misi perusahaan Anda.

2.  Tentukan target audiens Anda atau orang-orang yang membaca laporan bisnis Anda. Ketika menulis laporan, gunakan bahasa yang seolah-olah bercakap-cakap dengan audiens Anda. Beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan ketika menentukan audiens adalah tingkat pendidikan, posisi perusahaan, kemampuan pengambilan keputusan, pengetahuan tentang topik laporan bisnis serta informasi demografis pembaca anda. 

3.  Laporan bisnis harus berdasarkan penelitian dan survey anda di lapangan. Penelitian Anda bisa berupa referensi laporan keuangan perusahaan, angka penjualan tiap tahun, studi penelitian pasar, studi penelitian kompetitor, proses internal perusahaan, wawancara atau keunggulan kompetensi dan manajerial perusahaan Anda.

4.  Strukturisasi laporan bisnis Anda serta buatlah analisa tentang penelitian dan informasi yang Anda miliki guna mendukung tujuan laporan Anda. Buatlah garis besar yang mempunyai struktur: pengantar, ringkasan eksekutif, isu-isu penting, bukti pendukung, wawasan perusahaan, kesimpulan serta rekomendasi.

5.  Mulailah untuk menulis laporan bisnis Anda. Pertama, dalam bab pengantar dan ringkasan eksekutif, Anda harus mendefinisikan masalah yang harus dipecahkan, menyatakan tujuan anda dan jelaskan secara gamblang tentang tujuan anda tersebut. Kemudian, Anda harus mengelaborasi isu-isu yang menjadi kunci dalam perkembangan perusahaan Anda serta bukti-bukti pendukung yang menyertainya. Kemudian, identifikasilah penelitian dan survey yang telah anda kerjakan pada langkah ketiga. Pusatkan perhatian pada wawasan-wawasan penting yang anda temukan ketika anda menganalisis data untuk laporan anda, kemudian tulislah kesimpulan anda. Sebagai penutup, sediakanlah daftar rekomendasi yang berisi hal-hal yang harus dilakukan segera setelah audiens anda membaca laporan bisnis anda.

2 komentar:

  1. Kami dari PT. Visi Bogor Globalindo, sebagai perusahaan yang bergerak di bidang Layanan Data Riset dan Survey, menawarkan produk-produk ungulan kami diantaranya adalah

    - Studi laporan bisnis untuk klien umum
    - Studi laporan bisnis untuk klien khusus
    - Studi pemasaran dan kelayakan
    - Jasa Laporan Perusahaan (dilengkapi dengan profil perusahaan, grup peursahaan dan tokoh bisnis.

    Kunjungi website kami di http://visibogor.com untuk informasi lebih lanjut.

    Terima kasih.

    BalasHapus
  2. Dapatkan pinjaman dana paling tinggi hanya dengan gadai bpkb mobil, proses pencairan cepat serta suku bunga rendah dan pembiayaan kredit mobil bekas dp murah untuk seluruh wilayah di Indonesia.

    Untuk informasi pengajuan pinjaman dana jaminan bpkb mobil atau pembiayaan mobil bekas, Silahkan hubungi marketing kami berikut ini. Cukup melalui sms atau whatsapp secara online, Kemudian marketing kami akan menghubungi Anda.

    Office :
    Jl. Margonda Raya No 88 A-C, Depok, Jawa Barat
    Phone : 021-77204222, 021-77204333, 021-77204888
    Fax : 021-77200022, 021-77205111

    Contact Person :
    Sukma Dinata ( Marketing Officer )
    Tlp/ Sms/ WhatsApp/ Line : 081280295839

    https://www.jaminkanbpkb.com/
    https://www.jaminkanbpkb.com/p/leasing-pembiayaan-kredit-mobil-bekas.html
    https://www.jaminkanbpkb.com/p/syarat-gadai-bpkb-mobil.html
    https://www.jaminkanbpkb.com/p/pinjaman-jaminan-bpkb-mobil.html
    https://www.jaminkanbpkb.com/p/cara-gadai-bpkb.html

    BalasHapus