Meeting dengan Partner Asal Negeri China



 
 Sumber: telegraph.co.uk

Tidak ada yang memungkiri jika China menjadi salah satu kekuatan ekonomi di dunia. Sehingga banyak perusahaan asing, demikian juga dari Indonesia ingin memiliki partner bisnis di negeri tirai bambu itu.

Jika Anda termasuk yang ingin membangun jaringan di negara Tiongkok tersebut maka Anda perlu mengetahui aturan tidak tertulis tentang kebiasaan mereka melakukan pertemuan bisnis. Barangkali hal-hal dibawah ini menarik untuk disimak.

Saat Anda bertemu pertama sekali dengan calon partner Anda, perlu diingat jika mengangguk adalah cara menyapa untuk orang China paling umum. Kadang-kadang mereka juga bersalaman. Namun untuk  berjabat tangan baiknya Anda menunggu orang Cina menawarkan  tangan mereka terlebih dahulu.

Tepat waktu sangat krusial bagi orang Cina. Jadi jika Anda tamu, lebih baik Anda datang lebih awal. 
Untuk sebuah percakapan bisnis Anda harus membuat janji bertemu. Jangan datang secara tiba-tiba. Ketika akan bertemu sebaiknya Anda sudah membawa beberapa dokumen meeting dengan orang Cina, karena mereka pasti akan memintanya.

Berikan kartu nama Anda dengan kedua tangan, dan terimalah kartu nama mereka dengan kedua tangan juga. Jangan masukkan kartu nama mereka dompet atau di saku, tapi bawalah tempat khusus untuk meletakkan kartu nama mereka.

Pada saat meeting, meskipun Anda biasa ditunjuk oleh rombongan Anda memimpin rapat , sebaiknya yang melakukannya adalah pemimpin tertinggi dari rombongan Anda. Pasalnya orang Cina sangat menghargai status.

Ketika  Anda berbicara sebaiknya jangan menggunakan gerakan tangan secara berlebihan, karena orang China tidak terbiasa berbicara sambil menggerakkan tangan. Dan jangan pernah menunjuk seseorang ketika berbicara. Jika terpaksa gunakan telapak tangan Anda.

Barangkali tips-tips ini terdengar sederhana. Namun ketika cara Anda berkomunikasi menimbulkan kesan tidak nyaman, maka bisa jadi pembicaraan mengenai bisnis yang menguntungkan menjadi hambar di mata partner Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar